Rabu, 19 November 2014

MANFAAT LAIN EM4 (EFFECTIVE MICROORGANISME 4)

Selain untuk pembuatan bokashi, EM4 dapat digunakan sebagai pestisida organik seperti EM5, Super EM5, EMRAS dan pestisida alami dari ekstrak tanaman. EM5 digunakan sebagai pestisida untuk penanggulangan hama dan penyakit  tahap awal, sedangkan Super EM5 digunakan untuk menanggulangi hama dan penyakit pada tahap kronis.

1. EM5 dan Super EM5
    Bahan yang digunakan :
  • Molase/gula, cuka makan/cuka aren 5%, alkohol 40% masing-masing sebanyak 100 ml.
  • EM4 100 ml dan air sebanyak 1 liter. (khusus untuk pembuatan super EM5 tidak menggunakan air).
Cara pembuatan :
  • Semua bahan dimasukkan ke dalam botol/jerigen. Selama 15 hari selanjutnya wadah dikocok pada pagi dan sore harinya. Untuk membebaskan gas yang terbwntuk dalam proses fermentasi, tutup botol dibuka sebentar.
  • Pengocokan dihentikan pada hari ke-15s setelah tidak ada lagi gas yang terbentuk. Selanjutnya dibiarkan selama 7 hari dan EM5 sudah dapat digunakan.
Dosis pemakaian :
  • EM5 : 10-50 ml (2-10 sdm)/l air + 10-50 ml molase.
  • Super EM5 : 5 ml (1 sdm/l air + 5 ml molase.
Waktu pengaplikasian :
Waktu pengaplikasian EM5 dan Super EM5 sebaiknya dilakukan pada sore hari. EM5 dan Super EM5 digunakan paling lama 3 bulan.

2. EMRAS (EM4 dengan air beras)
    Bahan yang digunakan :
Bahan yang digunakan terdiri dari air beras sebanyak 1 liter, molase/gula sebanyak 10 ml dan EM4 sebanyak 10 ml (2 sdm).

Cara pembuatan dan aplikasi :
Bahan-bahan tersebut diatas dicampurkan semuanya dan selanjutnya dibiarkan selama dua hari. Setelah itu EMRAS dapat diaplikasikan. Namun EMRAS harus sudah habis diaplikasikan pada hari ketiga (satu hari setelah proses pembuatan selesai). Selain sebagai pestisida, EMRAS dapat juga digunakan sebagai pupuk.
Dosis pemakaian :
Dosis yang digunakan adalah 5 ml/l air.

3. Pestisida Alami dari Ekstrak Tanaman
    Bahan yang digunakan :
  •  Daun legum/kacang-kacangan (kacang babi) terutama yang masih muda.
  • EM4 sebanyak 20 ml/l air.
Cara pembuatan : 
Daun-daunan dicincang selanjutnya diberi larutan EM4. Bahan selanjutnya direndam selama 3-5 hari. Selama direndam bahan ditutupi dengan plastik hitam. Setelah lima hari larutan dapat digunakan sebagai pestisida.
Dosis pemakaian:
Dosis pemakaian adalah 5 ml/l air


2 komentar: